Beauty

[SHARING] : DIBALIK LAYARNYA NIABELLO

Hallo, apa kabar bellosquad ? Bagaimana dengan hari ini ? Apakah kamu masih bersemangat untuk membaca keseruan pengalaman dari blog ini ? 


AWAL MULA

Kali ini, nia mau sharing mengenai pengalaman niabello dari awal hingga sekarang. Dimulai dari  tahun 2017, aku memulai tulisanku yg bermula di wordpress.com. Alamat blog ini sebelumnya adalah amrkurnia.wordpress.com. Awalnya hanya untuk menulis saja namun, lama-lama aku memberanikan diri untuk lebih serius dalam dunia blogging. Pertama, aku harus punya identitas diri dari blog ini dan aku memilih “beauty”. Kenapa beauty nia? Kenapa nggak travelling, foodies dan lainnya? Alasannya hanya karena itu mudah didapatkan dan objeknya kita punya sendiri. Aku berpikir bisa dengan mudah membagikan pengalaman dalam penggunaan skincare atau produk milik sendiri. Kedua, aku mulai ingin punya nama blog sendiri. Aku ingin blogku dikenal dengan nama yang unik dan singkat agar mudah diingat. Ini merupakan awal dari komitmen aku untuk mengembangkan hobi menulis melalui blog dan pastinya harus konsekuen dan selalu aktif membagikan post-post tentang beauty kedepannya. Aamiin. Ku anggap ini sebagai suatu semangat. Ketiga, aku mengikuti beberapa komunitas beauty. Selain bisa menambah teman juga menambah suatu referensi melalui blogwalking. Berkat mengikuti beberapa komunitas beauty, blog ini tumbuh dan berkembang seperti saat ini. Lanjut ya, kita bahas tentang proses penamaan blog.


PROSES PENAMAAN

Untuk mendapatkan nama blog. Aku meminta saran dari sahabatku @demypatricia. Sempat punya list nama-nama yang akan digunakan untuk blog , mulai dari niabeute, belezania, beautynea hingga terpilih nama “niabello”. Sosok kedua yg turut andil dalam peresmian nama ini adalah @siltafadhillah (Founder Palembang Beauty Blogger) , dia yang memberikan saran untuk memilih tempat / penjual domain yang terpercaya agar dapat dibuatkan nama blog. Akhirnya, aku mempunyai TLD (Top Level Domain) dengan nama sendiri yang sekarang kalian kunjungi yaitu www.niabello.com


PENGALAMAN SELAMA NGEBLOG

Pertama kali mendapatkan suatu invitation melalui DM instagram ke suatu event dari brand muslimah. Perasaanku gimana ? Senang, sulit dipercaya dan ragu. Aku pikir ini hoax, ada orang iseng doang. Aku nggak menghiraukan DM yang masuk. Kemudian beberapa hari setelahnya, ada email untuk konfirmasi kehadiran. Aku kepo dulu siapa pemilik akun instagram yang memberikan undangan ini. Ternyata, dia adalah teh @fitri yang merupakan bagian promotornya dari brand tersebut dan membuat aku yakin bahwa ini bener-bener undangan resmi 😀

Keesokannya, aku datang ke acara itu karena memang penasaraaaaaaaan. Lalu, aku bertemu dengan beauty blogger palembang lainnya. Kamu bisa baca ceritanya disini dengan mengklik poto dibawah ini ya.


Tanpa disangka, itu bukanlah event terakhir namun berlanjut ke event lainnya dan kerjasama bareng brand-brand lainnya juga. Alhamdulillah, bersyukur atas semua perjalanan blog ini dari awal hingga sekarang. Untuk itu, nia mau sharing tentang bagaimana cara pengambilan poto : behind the scene  yang nia ambil diblog-blog ini :


Aku punya suatu ritual tersendiri. Maksudnya persiapan dan alat yaaa 😀


Kamera

Dari awal blog aku memanfaatin kamera hape, sebelumya memang papa dan mama mendukung tentang hobiku yang suka poto. Suatu ketika, aku dibelikan kamera pocket, kemudian tahun berikutnya aku dibelikan kamera digital namun spesifikasinya lebih tinggi dari kamera sebelumnya. Aku juga pernah mengupgrade kamera menjadi kamera dslr. Kamera ini akhirnya dijual karena memang nggak aku pakai maksimal. Hanya di lemari doang. Maklumlah, anaknya mudah bosen (tapi ini dulu ya, sebelum mengetahui betapa susahnya cari uang). Sekarang, mulai kepikiran, jika uang itu harus dihemat, karena telah merasakan sendiri betapa beratnya mencari uang :’)

Alhamdulillah sekarang bisa mengupgrade kamera menjadi mirrorless. Karena memang aku lebih membutuhkan kamera yang layarnya bisa aku putar ke hadapanku. Biar nanti bisa sekalian melihat bagaimana “angle” yang tepat. Dulu, sebelum ada mirrorless. Aku sering pakai kamera nikon L310x ini. Kalian tau? Aku harus beli dulu baterainya yang nggak bisa di isi ulang karena kamera ini hanya bisa menggunakan batre bukan sistem charging 😀

Yang jelas ini nggak efektif sama sekali :” karena baterainya cepet habis dan nggak produktif karena nggak bisa ngecas 😀 tapi aku masih sayang kok dengan kamera ini. Karena ini hadiah dari mamaku di ulangtahun :*


Pencahayaan

Aku memanfaatkan cahaya matahari sebelum ada ringlight buatan ini. Lalu, juga pernah menggunakan lampu emergency mati lampu saat ingin melakukan poto dimalam hari. Sampai akhirnya, sahabatku @demypatricia memberikan kado terindah yang bener-bener bermanfaat untukku. Awalnya, Demy mengatakan bahwa akan membuat DIY Ringlght dirumahku. Aku pun langsung antusias dan menyetujui itu. Ternyata, setelah DIY Ringlight selesai dibuat. Demy mengatakan bahwa ini untukku 😀 Kamu bisa cek cara buat DIY Ringlight bersama Demy disini ya :


Backsound

Ini rahasia aku saat unboxing. Kalau unboxing dengan suara kita doang menurutku nggak seru 😀 jadi, aku mengunakan perangkat tambahan ini agar suara dan backsound yang dihasilkan pas. Aku menggunakan speaker yang dihubungkan ke laptop untuk backsoundnya dan aku juga menggunakan headset yang dihubungkan ke hp agar suara yang nia hasilkan jelas 😀 Jadi, posisi hape itu, kameranya jalan untuk shoot product yang direview dan headset ini digantungkan di telinga yang telah diatur dan disesuaikan sehingga suara nggak kalah dengan sound 😀 Kebayang nggak betapa ribetnya unboxing ? Belum lagi, mengalami beberapa pengulangan disaat pengambilan videonya karena bunyi motor yang lewat, bunyi jam dinding bahkan suara papaku yang sedang memanggil 😀

Harapanku, semoga suatu hari punya mini studio sendiri untuk membuat video unboxing yang kedap suara. Aamiin.


Background

Ada 3 background andalan yang sering aku gunakan. Semua ini aku beli di area pasar 16 ilir dan megahria. Jika kamu ke Palembang, jangan lupa mampir kesini. Barang yang ditawarkan murah dan terjangkau. Contohnya saja, aku beli seharga 30 rb/meter. Namun, ada juga yg 85rb/meter :’) tergantung dari pilihan masing-masing.

Untuk pemasangan background aku hanya menggunakan tali rapia yg diikat di sisi-sisinya. Dengan cara mengantungkan ke tempat gantungan baju. Kalau saranku jika ada uang lebih, boleh jika punya tempat khusus seperti yang ada di poto studio itu loh. Tempat background poto yang hanya di roll aja untuk gonta-ganti backgroundnya. Namun, sekarang dengan hanya mengaitkannya dengan tali rapia aja udah bisa bermanfaat untuk take photo closeup suatu product.

Dibawah ini adalah contoh background yang sering aku gunakan untuk review product. Poto ini aku ditemanin sama sahabatku @dwinarizkiani


Figuran pendukung

Poto Produk itu bila hanya sendirian dipoto atau objeknya hanya produk itu aja menurutku, kurang menarik. Jadi inilah yang ku maksud bahwa suatu produk itu membutuhkan pernak-pernik lainnya yang kusebut dengan figuran. Aku biasa memanfaatkan apa yang ada. Bisa dengan vas bunga, bunga hias, bahkan daun-daunan. Aku lebih suka sesuatu yang kecil. Ini adalah beberapa contoh peralatanku untuk menunjang produk agar terlihat menarik di poto. Mungkin kamu punya pendapat lain ?


Notebook atau Laptop

Ini notebook yang menemani dari SMP hingga sekarang. Aku lebih suka menulis disini. Dibandingkan menggunakan hp. Udah kebiasaan kali ya, jadi kalau mau nulis itu harus di notebook atau laptop. Jika menulis di laptop bisa keliatan jelas tentang fitur-fitur yang ada di penulisan draft nya. Ini salah satu alasan kenapa aku suka nulis dengan menggunakan notebook atau laptop.


Bagaimana denganmu? Apakah kamu  punya pengalaman mengenai behind the scene atas kegiatan ataupun hobi yang kamu lakuin? Silahkan berbagi juga ya. {ost ini merupakan kolaborasi pertamaku bareng  temen-temen dari beautygoers. Kamu juga bisa baca cerita dari behind the scene @ellen dengan mengklik link ini : BEHIND THE SCENE BEAUTY BLOGGER ELLEN.


Kamu juga ingin bergabung bersama komunitas ini dan mengikuti kolaborasi selanjutnya ? caranya mudah. Kamu cukup add official beautygoers dibawah ini. Kembangkan bakat menulismu, jangan ragu, percaya, yakin dan usaha. Insyaallah hobimu akan terus terasah dan bisa menjadi hal yang tidak kamu duga dan betapa sayangnya kamu akan hobi ini. 

SPECIAL THANKS TO

BEAUTYGOERS OFFICIAL

WEBSITE    INSTAGRAM  FACEBOOK    TWITTER YOUTUBE

4 Comments

    • Nia

      Iya sayang, alhamdulillah banyak sahabat yg support dan menjadi saksi dari perjalanan blog ini :’ makin semangat ini 😀

    • Nia

      Iya muthia, kalau di ceritain dari awal mulanya banyak-banyak besyukur aja ini blog bisa terus berkembang. Aamiin. Salam kenal muthia 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *