[Ngopi Cantik] : History of Beautiesquad

menulis, berbagi, berteman dan tergabung dalam passion yang sama.

Blogging adalah cara yang bisa aku salurkan untuk menuangkan hobi menulisku. Berawal dari awal tahun 2017, aku mulai memasuki dunia blog. Awalnya, hanya sekedar menuliskan pengalaman dalam sebuah event kecantikan yang aku hadiri. Bertemu dengan beberapa teman-teman baru yang basic-nya adalah seorang blogger di Palembang yang tergabung dalam komunitas Palembang Beauty Blogger. Jujur, aku merasa nggak PD sama sekali. Karena memang, aku bukanlah seorang blogger aktif pada saat pertemuan pertama itu, apalagi mempunyai blog. Namun, event tersebut tidak membedakan apakah kalian blogger atau hanya aktif di media sosial. Semua kumpul menjadi satu dan aku pun mulai mengasah tulisan lewat sebuah akun blog. Dimulai dengan tulisan yang campur-campur dari satu topik ke topik lainnya tanpa memperhatikan karakteristik blog. Baca Juga :Gathering Pertama Bersama Palembang Beauty Blogger


Bulan selanjutnya, aku pun mulai memikirkan apa karakteristik blogku ?


Aku pun menulis tentang pengalaman-pengalaman yang mudah aku bagikan kepada pembaca blogku seperti skincare Routine, Beauty Box  dan sesuatu yang bisa aku dapatkan dengan memanfaatkan apa yang ada. Lalu, aku mulai menemukan Karakteristiknya yaitu Beauty.

Untuk mengasah dan terus belajar mengenai dunia blog. Aku juga bergabung dan mengikuti beberapa komunitas beauty blogger. Salah satu komunitas tersebut, ada komunitas yang tidak hanya aktif namun care terhadap membernya. Kenapa ? Karena baru di komunitas inilah, aku menemukan sesuatu yang berbeda. Kita nggak harus monoton mengikuti pemberitahuan yang ada di feed sosial medianya. Komunitas ini aktif dalam mengadakan suatu gathering ya, memang saat ini hanya bisa dilakukan via aplikasi Whatsapp. Namun, siapa sangka. Aku sudah ikut ke dalam Ngopi Cantik yang diadakan hingga Episode yang ke-3. Komunitas yang aku maksud adalah BEAUTIESQUAD.


Pada Ngopi Cantik Episode ke-3 kali ini, akan membahas tentang SEJARAHNYA BEAUTIESQUAD. Ini adalah materi yang aku tunggu-tunggu. Ngopi cantik beautiesquad 101, Beautiesquad First Anniversary.Aku berpendapat jika aku gabung ke komunitas, harus tau apa itu komunitasku ? Jika aku nggak tau apa-apa bagaimana kalian bisa tau. Benerkan ?

History-of-Beautiesquad-1.jpg

Sebagai member yang ingin ikut berpartisipasi ke dalam komunitasnya. Harus aktif dalam berbagai acara yang diadakan. Beautiesquad sering mengadakan collab tiap bulannya. Aku pernah ikutan collab dibulan agustus kemarin, untuk pertama kalinya. Aku mengasah brush makeup, lipstik, foundie, bahkan bermain eyeliner dan shadow untuk mendapatkan look yang diinginkan. Sebagai seorang yang baru mendalami dunia blog. Aku tertantang sekali ketika diuji oleh Beautiesquad Collab kala itu yang harus membuat Independence Makeup Look dalam rangka hari kemerdekaan RI. Baca Pengalamanku collab pertama bareng Beautiesquad disini ya : Kolaborasi pertamaku dengan Beautiesquad

History-of-Beautiesquad-2.jpg


Sayangnya, aku ngak aktif dalam mengikuti kolaborasi untuk membuat suatu look yang telah ditentukan. Sering beberapa collab yang diadakan tidak aku ikuti. Mungkin aku nggak aktif dengan collab makeup yang diadakan namun taukah kamu, bellosquad ? Ada kegiatan rutin yang harus wajib aku ikutin. Yaitu Ngopi Cantik the series-nya. Ini bukan Project film atau video ya? Ngopi cantik adalah kegiatan rutin dari Beautiesquad yang mengedepankan interaksi saling berbagi sesama member. Bisa berbagi pengalaman blog, tips dan trik, bahkan belajar SEO langsung dari member inti Beautiesquad. Nggak hanya monoton mengupdate informasi  di official acount miliknya, namun Beautiesquad “care” terhadap membernya. Care yang aku maksud adalah komunitas yang membuka luas interaksi sesama member walau hanya dengan menggunakan aplikasi Whatsapp. Yang paling aku suka pada Ngopi Cantik ditiap episode dari awal hingga sekarang adalah penyusunan acaranya yang apik,sistematis dan terahah. Kita bagaikan masuk ke dalam sesi acara yang notabanenya kayak acara-acara formal namun tetap asyik. Kali ini ,MC nya ada 2 yaitu Rahma Brilianita dan Liana.  Sebelumnya, Rahma pernah menjadi narasumber di Ngopi Cantik pertama. Baca juga : Belajar Flatlay Bareng Beautiesquad 

History-of-Beautiesquad-3.jpg

Tak hanya belajar Flatlay, pada ngopi cantik series yang kedua. Topik yang memang mesti belajar dan belajar lagi yaitu teknik SEO blog. Tak tanggung-tanggung, Beautiesquad mengundang pakarnya SEO, Kak Shintaries Nijerindasebagai narasumbernya yang merupakan founder Blogger Perempuan Network. Baca juga : Belajar SEO Bareng Beautiesquad

History-of-Beautiesquad-4.jpg

Ngopi cantik yang ke-3 kali ini begitu spesial. Episode-nya membahas tentang :

APA ITU KOMUNITASKU? 

Dimulai dengan kata sambutan dari Virly KA yang menyapa kami di group Whatsapp. Virly adalah Founder Beautiesquad. Dalam sambutanya, Virly berharap agar ngopi cantik bisa direalisasikan hingga ke dunia nyata. Amiiiin, aku juga berharap seperti itu.

Lalu, Rahma mempersilahkan  Vina Eska sebagai Narasumber yang ditunggu-tunggu. Untuk dapat sharing tentang komunitas ini. Vina adalah seorang Beauty blogger dari Bali yang memulai dunia blogging sejak tahun 2015. Kalian bisa mengunjungi tulisan-tulisannya di www.vinasaybeauty.com. Selain itu, Vina juga memegang peranan penting sebagai Supervisior Public Relation (SPV PR) Beautiesquad. Vina menjelaskan bahwa sebagai seorang SPV PR, dia bertanggung jawab dalam mengadakan sponsor, menjalin relasi dan juga kegiatan rutin yang paling top menurutku adalah ngopi cantik ini.


APA ITU BEAUTIESQUAD ?

History-of-Beautiesquad-5.jpg

Beautiesquad adalah komunitas para beauty blogger daerah yang menyatukan beauty blogger diseluruh Indonesia  sebagai wadah untuk belajar dan berkembang bersama dalam satu tujuan. Beautisquad berkembang dari 23 November 2016. Dibentuk oleh 3 beauty blogger yaitu Virly KA, Nisa dan Liana yang mulanya hanya ingin membuat sebuah grup chat bernama Beauties. Pemberian nama Beautiesquad diambil dari kata “beauties” bearti cantik-cantik dan “Squad” untuk memperkuat bahwa ini adalah sebuah komunitas.Kolaborasi pertamanya adalah Smokey Eyes.

Pada awalnya, Beautiesquad menerima semua orang. Nggak perlu punya blog, dengan aktif untuk mencari teman untuk sekedar chatting saja sudah bisa masuk ke Beautiesquad. Namun di tahun 2017, Beautiesquad mulai menyaring anggotanya. Persyaratan yang wajib untuk dapat bergabung di komunitas ini adalah HARUS MEMPUNYAI BLOG. 


VISI DAN MISI BEAUTIESQUAD ?

VISI :

  1. Menjadi Pionir Beauty Micro Influencer berkualitas di Indonesia.
  2. Menjadi wadah berkembang bersama para Beauty Blogger dan Beauty Influencer.

MISI :

  1. Menemukan talent-talent baru dan mengarahkan mereka menjadi Beauty Blogger yang berkarakter dan bertanggung jawab melalui agenda Ngopi Cantik yang digelar tiap 2 bulan.

  2. Menjadi jembatan antara Beauty Micro Influencer dengan Brand.

  3. Menjadi wadah berkreasi para Beauty Blogger melalui makeup collab yang rutin digelar tiap bulan.

  4. Menjadi referensi bagi para beauty enthusiasts ketika mencari apapun yang berhubungan dengan beauty melalui website Beautiesquad (soon).

Beautiesquad memiliki pilar-pilar yang membuat komunitas ini terus tumbuh dan berkembang. Mereka semua yang disebut dengan :


BEAUTIESQUAD OFFICER

  • Virly KA (@phirlyv) sebagai Main Founder. Annisa Kasih Pertiwi (@akpertiwi) & Liana Eka (@lianaestt) sebagai Founder. Mereka yang mengambil keputusan cepat dan tegas dalam komunitas, selain itu juga memantau Officer.

History-of-Beautiesquad-6.jpg

  • Vina Eska (@vinaeska) sebagai Chief Officer. Dulu vina menjabat sebagai SPV PR (Supervisor Public Relation). Tugasnya melaksanakan keputusan dari Founder, memantau program kerja Officer dan memberi semangat para member untuk menjalani dunia blogger.

History-of-Beautiesquad-6.jpg


COMMUNITY RELATIONS

  • Lia Melqha (@liamelqha) sebagai SPV CR.
  • Fuji Astyani (@fujichan) sebagai Sekretaris dan SEO Analysis.
  • Liana Eka (@lianaestt), Ariani Rosidi (@arianirosidi), Rahma Brilianita (@rahmabrilianita) sebagai  CR Officer.  Melakukan program kerja seperti collab, ngopi cantik, membantu Chief dan Founder memutuskan member Facebook Group masuk ke Member Inti Beautiesquad.

SOSIAL MEDIA SQUAD

Rani Nurbaiti (@ranilukman) sebagai supervisor, Devi Purwati (@depruttt), Ica (@khhrnisa), Savitri (@savitrihutapea11) yang mengupdate informasi, feed, caption dan insight. 

PHOTO EDITOR SQUAD

Raydita (@rayditaph) sebagai supervisor , Laudita Cahyanti (@lauditaelric),  Annisa Kasih Pertiwi (@akpertiwi) , mereka adalah the beauties on backstage Beautiesquad yang membuat semua collab yang diadakan menjadi lebih “up” dengan memanage desain dan juga feed dalam setiap poto para member.History-of-Beautiesquad-8.jpg

PROGRAM KERJA

Berbicara tentang Proker (Program Kerja) Beautiesquad, aku beruntung karena join ke komunitas ini. Sebagai newbie, Beautiesquad memberikan aku banyak pembelajaran selain itu juga dapat bertemu dengan teman-teman baru. Sponsored Review, Makeup Collaboration, Ngopi Cantik dan Instagram take over adalah program kerja yang bisa diikuti. 

Beautiesquad membagi member menjadi 2 bagian yaitu member inti dan member Facebook. Pembagian member ini dilihat dari keseriusan, kerajinan dan keefektifan serta keaktifan para membernya. Ini menjadi hal yang penting untuk bisa direkrut menjadi member inti. 

  • Member inti adalah member yang telah bergabung lama, jauh sebelum Beautiesquad seperti sekarang ini. Bisa dibilang, mereka adalah fondasi dari pilar-pilar Beautiesquad Officer. Member ini adalah member whatsapp bukan member Facebook. Mereka telah terlatih untuk disiplin. Sudah terbiasa dengan deadline dan Brief yang Beautiesquad tentukan. Pastinya, mengerti dengan SEO Friendly.  Hanya member inti yang bisa mendapatkan Sponsored Review dari Brand. Beautiesquad menggemparkan komunitas beauties saat berkolaborasi dengan brand Inez cosmetic(@InezCosmetic)
  • Member Facebook adalah aku. Ya, aku adalah salah satu dari member itu. Dimulai dari join via Facebook Grup. Member Facebook juga bisa ikut kolaborasi bareng member inti melalui Makeup Collaboration, Ngopi Cantik dan Instagram take over. Ini adalah program kerja terbuka untuk semua member. 

SYARAT MENJADI MEMBER

  1. Wajib punya blog. Namun, untuk member inti harus memiliki template SEO Friendly dan seni photography juga menjadi kriteria mengenai tata letak agar poto menjadi menarik.
  2. Top Level Domain. Sebagai member Facebook, jika blog masih berakhiran blogspot.com, atau wordpress.com  masih bisa gabung.  Namun untuk menjadi member intinya. Beautiesquad mempunyai peraturan yang baru disahkan untuk bekerjasama dalam bentuk paid sponsored, jadi TLD sangat diutamakan. TLD adalah blog yang alamatnya berakhiran hanya .com, .net, .id, atau yang lainnya. Dalam dunia blogging ada istilah DA PA , bisa searching google ya untuk cari tau. Kalau masih free blog seperti blogspot atau wordpress, DA PA itu milik mereka, bukan blog milik sendiri. Tingginya DA PA berpengaruh pada ketenaran blog yang berpengaruh ke pendapatan.
  3. Rajin buat nulis minimal tentang beauty 2x dalam sebulan di blog.
  4. Disiplin terhadap waktu pengumpulan poto collab atau link sponsor. Jika berhalangan, segera melapor ke Beautiesquad 1×24 jam dan menjaga attitude serta tidak plagiarisme. 
  5. Memiliki Fanpage dan Twitter selain Instagram. Untuk Instagram, BS menentukan standar yaitu 500 follower. Twitter 100 follower. Media sosial tersebut bisa menjadi ladang trafik untuk para blogger.
  6. Aktif terlihat di group, aktif dalam sesi sharing atau sesi tanya jawab. 
  7. Lolos dari pandangan Community Relations, Chief Officers, dan Founder.
  8. Rajin Ikut Collab. Sebagai cara untuk blogging yang mempresentasikan sesuatu, dan disini bakalan bisa dinotice sama Community Relations yang mempertimbangkan mampu atau tidak seorang member facebook menjadi member inti. Point ke-8 belum bisa aku realisasikan dengan sempurna. Karena memang aku sering melewatkan makeup kolaborasinya. Aku sadari ini. Aku kurang dalam mengasah teknik makeup yang kumiliki. 

History-of-Beautiesquad-9.jpg

Dalam rangka Beautiesquad First Anniversary, blog ini aku ikutsertakan dalam Giveaway Beautiesquad bersama Nihonmart. Sukses selalu Beautiesquad. Ditunggu ngopicantik seriesnya. Ini adalah program kerjamu yang paling aku minati. Semoga aku bisa tekun lagi untuk mengikuti makeup collab bersamamu. Selebihnya, aku beruntung telah join di Komunitasmu. Beragam pembelajaran baru, teman-teman baru yang memang, kita nggak bertatap muka langsung satu sama lain. Namun, dengan adanya Ngopicantik itu aku saling kenal dan lebih terpacu lagi untuk mengembangkan blogku menjadi lebih baik. Happy Anniversary, Beautiesquad.

BEAUTIESQUAD OFFICIAL
Facebook: @Beautiesquad | Instagram: @Beautiesquad

NIHONMART OFFICIAL

Website: @NihonMart| Twitter: @NihonMart | Facebook: @NihonMart
Instagram :@NihonMart| LINE: @nihonmart  |WhatsApp: 0819 3220 5326
BBM : D6B4869D |Email: Sales@nihonmartbeauty.com

2 Comments Add yours

  1. Vina Eska berkata:

    Makasi udah buat artikel inii. Ayo semangat biar 1 group nanti XD

    1. amrkurnia berkata:

      Waah kak vina 😭 , maksih kak utk semangatnya 💪🏻💐

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *